Fitch Menetapkan Peringkat Nasional ‘AA(idn)’ Pertama Kalinya untuk Bank Maspion; Outlook terlihat Stabil

oleh -14 Dilihat

Surabaya, PMTSnews.com – Fitch Ratings Indonesia (Fitch) telah menetapkan PT Bank Maspion Indonesia Tbk (Bank Maspion) dengan Peringkat Nasional Jangka Panjang ‘AA(idn)’ dan Peringkat Nasional Jangka Pendek ‘F1+(idn)’. Untuk Outlook Peringkat Nasional Jangka Panjang adalah stabil.

Peringkat Nasional Jangka Panjang ‘AA’ menunjukkan ekspektasi akan tingkat risiko gagal bayar yang sangat rendah dibandingkan dengan emiten atau surat utang lainnya di Indonesia. Risiko gagal bayar yang melekat hanya sedikit berbeda dari emiten atau surat utang negara dengan peringkat tertinggi.

Peringkat Nasional Jangka Pendek ‘F1’ menunjukkan kapasitas paling kuat untuk pembayaran tepat waktu atas komitmen keuangan relatif terhadap emiten atau obligasi lain di negara yang sama. Di bawah skala Peringkat Nasional agensi, peringkat ini diberikan pada risiko gagal bayar terendah dibandingkan dengan yang lain di negara yang sama. Jika profil likuiditas sangat kuat, tanda “+” ditambahkan ke peringkat yang diberikan.

Dalam memberikan penilaian, Fitch juga memperhitungkan potential support dari induk Bank Maspion yang berperingkat lebih tinggi, KASIKORNBANK Public Company Limited (Kbank ; BBB/Stabil/bbb) oleh Fitch Thailand. Saat ini KBank, perusahaan asal Thailand memiliki 67,5% saham Bank Maspion dan merupakan pemilik saham pengendali dari Bank Maspion.

“Fitch percaya bahwa KBank, sebagai salah satu bank terbesar di Thailand, memiliki kemampuan yang kuat untuk mendukung Bank Maspion, mengingat bahwa Indonesia merupakan potensi alternatif untuk pertumbuhan dan sumber aliran pendapatan baru bagi perusahaan tersebut,” ujar
Kasemsri Charoensiddhi selaku direktur utama dari Bank Maspion dalam keterangan tertulis, Jumat (31/3/2023).

Bank Maspion memiliki mayoritas portfolio di segmen komersial sebesar 68.20% yang memberikan atribusi terhadap tingginya yield yang diperoleh.

“Pihak manajemen dari Bank Maspion sendiri masih beraspirasi untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis secara signifikan dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Tidak hanya melalui peningkatan jumlah kredit yang diberikan, Bank Maspion juga berkomitmen untuk lebih aktif dalam menyediakan produk-produk dan jasa perbankan untuk berbagai segmen nasabah.

Hal ini terlihat dari dimulainya penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran dan Bank Maspion Digital Channel seperti mobile banking, BNPL, loan channelling, dan proyek-proyek lain dalam tahap perkembangan. (erfandi putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.